Menggunakan Metode Star Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Best Practices
Menggunakan Metode Star
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMP Negeri 5 Karanganyar |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Menengah Pertama |
Tujuan yang ingin dicapai |
Siswa mampu menciptakan dan berkreasi secara mandiri dalam membuat suatu karya seni “ membuat motif batik modern dengan teknik STILASI” |
Penulis |
Oerip Margo Widodo |
Tanggal |
16 Januari 2023 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
1.Yang menjadi permasalahan awal adalah siswa tidak suka akan batik karena tidak bisa membuat motifnya pendukung\LK. 1.4 Masalah terpilih yang akan diselesaikan_Oerip Margo Widodo.docx 2. Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya adalah menstimulan dan membimbing siswa supaya bisa berkreasi secara mandiri dalam membuat tugas yang diberikan yaitu membuat sebuah motif batik modern |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
1. Tantangannya adalah bagaimana membuat siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dalam meteri pembelajaran tersebut dalam waktu yang singkat 2. Yang terlibat dalam Best Practice ini adalah Siswa sebagai objek PPL, Dosbing dan Gumong yang memberikan pembimbingan, rekan rekan guru yang memberikan waktu jam pelajarannya untuk dipakai, Kepala Sekolah yang sudah memberikan ijinnya untuk kegiatan PPL beserta teman teman yang membantu pelaksanaan PPL berlangsung.
|
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
1. Langkah yang dilakukan utuk mengatasi masalah tersebut a. Dengan banyak membaca literasi tentang model dan metode pembelajaran yang tepat yang bisa dipakai untuk mengatasi permasalah yang terjadi b. Wawancara kepada rekan sejawat, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Pakar/ahli di bidang tersebut 2. Karena model pembelajaran yang dipakai Projek Based Learning (PjBL) atau berbasis proyek. Strategi yang dipakai supaya berhasil adalah dengan metode Demonstarsi, metode ini menerangkan bagaiama cara membuat motif batik modern dengan teknik STILASI 3. Metode Demonstrasi ini guru memberikan contoh di depan bagaimana cara penyelesaian kesulitan yang dihadapi siswa sehingga materi tersampiakan dengan jelas. Penugasan selanjutnya dengan projek individu, diharapkan siswa mampu membuat motif batik modern dari imajinasi dan ide baru dari siswa. Yang terlibat adalah siswa sebagai objeknya dan guru sebagai pembimbingnya pendukung\GURU MENDEMONSTRASIKAN DI DEPAN KELAS.docx 4. Sumber Materi yang digunakan untuk melaksanakan strategi tersebut adalah guru membuat media pembelajaran yang terkait dengan bagaiama cara mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa, karena kesulitan yang saya hadapi adalah siswa masih kesulitan dalam membuat motif batik modern maka saya membuat video pembelajaran cara membuat motif batik modern dengan teknik STILASI *pendukung\MEDIA PEMBELAJARAN fix.pdf *pendukung\VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG TEKNIK STILASI.docx *pendukung\GURU MELAKUKAN PENDAMPINGAN TERHADAP SISWA YANG BELUM PAHAM.docx |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
1. Dampak dari Aksi yang sudah dilaksanakan adalah siswa mampu mencapai indikator penilaian yang sudah dibuat. pendukung\daftar nilai.xls 2. Hasil berdampak positif dan efektif karena tingkat ketercapainya bagus 3. Respon orang lain dari strategi dilakukan adalah sangat positip dan bisa dipakai sebagai referensi 4. Yang menjadi faktor keberhasilan adalah siswa merasa senang terlebih dahulu tentang materi yang akan diberikan, strategi yang sistematis untuk mengatasi kesulitan tersebut a. Adanya video pembelajaran b. Adanya Penjelaskan video secara langsung c. Adanya penjelasan teknik yang dipakai dalam membuat motif batik modern d. Guru memberian pendampingan dalam pelaksanaan proyeknya *pendukung\PENUGASAN PROYEK.docx *pendukung\HASIL KARYA SISWA.docx 5. Dari reflksi, siswa merasa senang dan mudah dalam memahami materi. Refleksi dari guru, puas karena materi yang disampaika bisa diterima meskipun masih ada pembimbingan terhadap beberapa siswa akan tetapi secara keseluruhan sudah berhasil tercapai.
|
LAMPIRAN
pendukung\LK 1.1 Identifikasi masalah Seni Budaya_Oerip Margo Widodo.docx
pendukung\LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah_oerip margo widodo.docx
pendukung\LK 1.3 REVISI Penentuan Penyebab Masalah_Oerip Margo Widodo.docx
pendukung\LK. 1.4 Masalah terpilih yang akan diselesaikan_Oerip Margo Widodo.docx
pendukung\LK. 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi_Oerip MW revisi 1.docx
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
RKA 2022 & 2023
Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun 2022/2023. https://bit.ly/RKA_SMPN5Kra_2023
VISI DAN MISI SEKOLAH
VISI DAN MISI SMP NEGERI 5 KARANGANYAR VISI “TINGGI PRESTASI, TERAMPIL, BERTAQWA DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN” Terwujudnya proses KBM yang efektif dan efisien. Adanya peningka
VISI & MISI LAYANAN PUBLIK
https://bit.ly/VISI_MISI_LAYANAN_PUBLIK_SMP_NEGERI_5_KARANGANYAR
Pelayanan Online
Berdasarkan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan KI No. 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik. Berikut ini merupakan tata cara dalam m
Laporan PPDB SMP N 5 Karanganyar Tahun 2021
Berikut ini Laporan PPDB di SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun 2021. https://bit.ly/LAPORAN_PPDB_AFIRMASI https://bit.ly/LAPORAN_PPDB_PERPINDAHAN_ORTU https://bit.ly/LAPORAN_PPDB_PRESTASI h